Jumat, 22 Januari 2016

Sejarah Singkat Eyang Tomica






Allow... ketemu lagi dengan CHanTomiCar disiniiii...



Pada postingan kali ini, gw pengen berbagi sedikit tentang sejarah Tomica setahu gw. hehehe.. memang ga terlalu lengkap sih, tapi at least ini bisa jadi gambaran dasar buat temen-temen yang ingin tahu lebih lanjut mengenai Tomica. Yuk, baca sekarangg!!!


Logo Tomica 


Sejarah Tomica dimulai pada tahun 1970 dibawah bendera Tomy Kogyo Company Inc. Perusahaan ini memproduksi mainan model die-cast untuk anak-anak. Saat itu, perusahaan ini dikepalai oleh Eijiro Tomiyama selaku CEO. Menariknya, Tomiyama ternyata memegang paten atas beberapa penemuan seperti mainan bertenaga motor, garasi parkir mainan, dan jalur trek untuk mainan mobil.



Contoh Koleksi Tomica 


Asal-usul Tomica

Sejak semula, Tomica sebagai pembuat die-cast, telah dikenal karena kemampuannya yang detail dalam membuat die-cast mobil. Model-model yang dibuatnya sangat menarik dan dibuat dengan baik. Pada awalnya mereka hanya membuat 6 jenis mobil saja. Model-model tersebut yaitu Toyota Corona Mark II, Datsun Bluebird SSS Coupe, sedan polisi Toyota Crown, Toyota Crown Super DL, Toyota 2000 GT, dan Datsun Fairlady.

Tak hanya populer di Jepang, Tomica berhasil membuktikan diri sukses di pasar Amerika. Skala model yang diproduksi oleh Tomica kebanyakan berukuran 1/65, meskipun mereka juga memproduksi berbagai skala mulai dari 1/154 hingga 1/25. Saat Tomica diluncurkan di Amerika, Matchbox yang merupakan saingannya dari Inggris, tengah mengalami kesulitan karena berkompetisi dengan Mattel, perusahaan Amerika yang memproduksi Hot Wheels. Di akhir tahun 1970, Matchbox hampir bangkrut, namun Tomica berada di atas menuai kesuksesan.

Di tahun 1980, Tomica merilis hingga 260 model. Sayangnya masa jaya ini tidak berlangsung lama karena Matchbox akhirnya dijual, dan produksi dipindahkan ke Cina, yang akhirnya membuat harga Matchbox turun dan mampu bersaing lebih baik dengan Tomica. 

Saat ini, Tomica telah dikenal luas di berbagai belahan dunia. Dikenal sebagai salah satu brand paling terkenal, bersanding dengan hotwheels, diecast buatan tomica selalu menjadi incaran para kolektor. 

Nah,, setelah melihat model-model di atas, masih belom kepengen beli? Kalo uda ngebet, cek aja post-post selanjutnya tentang model-model yang kami jual! ChanTomiCar adalah salah satu penjual diecast malang yang perhatian banget ama customer. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

2016 © ChanTomiCar

Designed by | Irsah inDesigns Copyright © 2013
Supported By | Blogr Templates and Themes

Domain + Hosting | Unlimited Web Host